Monday, June 22, 2015

[Amaizing] 7 Air Terjun Di Malalak.


View more      https://youtu.be/fZjcjc_noNs
  Sumatera Barat mempunyai kaya akan pesona alam yang menawan, salah satunya wisata alam air terjun. Salah satunya, Siburai-burai Sungai Janiah (Burai Burai Batingkek) yang terdapat di Jorong Bukik Malanca, Kanagarian Toboh, Kecamatan Malala, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Akses untuk menuju air terjun ini sangat lah mudah. Selama 30 Menit lebih dari kota Bukittinggi menuju Kecamatan Malalak di sisi barat lereng Gunung Singgalang dan Tandikek. Setelah sampai di jorong Bukik Malanca, Kanagarian Toboh, Malalak, kita akan menelusuri sungai di sisi jalan raya Malala dan ladang penduduk selama 30 Menit. Tak lama kemudian, kita akan disuguhi pemandang air terjun yang mempesona ini.

        Burai-burai Sungai Janiah ini memiliki 3 tingkatan air terjun. Pada tingkat 1 dan 2 yang saling berdekatan memiliki ketinggian 2 Meter dan 4 Meter. Sedangkan Air terjun utama berjarak sekitar 100 Meter dari tingkat 1 dan 2. Air terjun utama ini memiliki ketinggian sekitar 30 Meter lebih dengan arus air yang lumayan deras menguyur bumi.
        Air Terjun ini masih sangat alami karena jarang dikunjungi oleh para penikmat alam. Suasana yang masih asri, bersih dari sampah yang seperti kebanyakan mengotori tempat-tempat wisata lain yang ada. Alangkah bagusnya jika tempat ini terawat seperti keadaan yang semestinya.

Sayangnya, keindahan air terjun
tersebut belum tersentuh oleh Pemerintah Kabupaten Agam.

Akibatnya, keindahan alam yang dimiliki air terjun itu tidak bisa menarik pengunjung untuk datang ke lokasi. Keberadaannya juga belum bisa menyokong pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Agam dari sektor pariwisata.

0 komentar:

Post a Comment